Culinary

Enaknya Sate Brebes Racikan Pak Kursin

Buat kalian para penggemar sate hingga tongseng wajib nih datang ke warung sate pak Kursin. Ada di Pamulang, sate Brebes milik Pak Kursin ini selalu jadi idola. Bagaimana ya rasanya?

Berada tak jauh dari Bundaran Pamulang, ada rumah makan sate khas Brebes yang tersohor. Meskipun belum terbilang legendaris, namun rasanya boleh di adu. Buka sejak tahun 2012, pemilik warung sate ini alami jatuh bangun membangun usaha warungnya dan hingga kini berhasil bangkit dan jadi favorit warga Pamulang.

Sate Brebes Pak Kursin atau biasa disebut dengan Sate Brebes Pamulang ini memang patut Anda coba. Berbekal ilmu dari sang ayah, Kursin berjualan sate kambing untuk mengadu nasib di Jakarta. “Sempat menghadapi lika-liku, jungkir balik akhirnya tahun 2012 saya buka di sini,” jelas Kursin

Rumah makan ini menjual menu yang cukup beragam, ada sate kambing, sate ayam, sop kambing, gule kambing, tongseng kambing hingga tengkleng.

Datang di malam hari, kamipun memesan Sate Kambing (Rp 60.000), Sop Kambing (Rp 35.000) dan Tongseng Kambing (Rp 37.000).

Sepuluh tusuk sate kambing tiba di meja, hmm aromanya sangat semerbak. Ada perpaduan harum bakaran dan bumbu kecap tanpa bau kambing. Terlihat setiap tusuknya terdiri dari 3 potong daging dan 1 selipan lemak.

Disajikan dengan pelengkap berupa kecap, irisan cabai rawit, bawang merah dan tomat iris. Paduan tomat segar membuat rasa sate semakin nikmat. Tak terasa sepiring sate habis tak bersisa!

Warung Sate Tongseng dan Sop Pak Kursin

Masih belum puas, kamipun mencoba menu andalan lainnya yaitu sop kambing. Dengan tampilan kuah yang bening, tapi siapa sangka rasanya sangat segar dan gurih. Lagi, lagi tak ada bau prengus yang tercium. Potongan daging iga dengan paduan tulang muda berkolaborasi dengan lembutnya daging.

Baca Juga  Menjelajahi Kekayaan Kuliner Khas Wonogiri yang Sangat Istimewa

Ditambah dengan irisan tomat dan taburan daun bawang. Makin enak disantap dengan nasi hangat-hangat!

Bagi yang kurang suka tongseng dengan citarasa manis, pokoknya wajib coba tongseng di sini. Kuahnya berwarna oranye yang menggambarkan sensasi rasa pedas. Aromanya gurih santan dengan paduan rempah yang enak. Hmm, harum!

Tampak kuah tongseng berwarna oranye sedikit berminyak. Permukaannya berisi irisan tomat. kol serta daun bawang. Ketika di ‘bongkar’ terlihat potongan daging kambing empuk dengan paduan potongan lemak yang lembut. Tampilannya memang sangat berbeda dengan racikan tongseng gaya Solo yang cenderung cokelat.

Kuah tongsengnya terasa gurih dengan sensasi rasa pedas yang nikmat. Disantap hangat-hangat makin memberikan sensasi makan yang enak. Nikmati dengan nasi putih agar lebih kenyang.

Bagi yang tak suka kambing, jangan khawatir. Pasalnya tidak ada aroma kambing sama sekali dalam sajian ini. Penasaran, kami pun bertanya pada sang pemilik. Ternyata, meskipun menunya tertulis daging kambing, namun dirinya mengaku menggunakan daging domba dengan alasan rasa dan lebih sehat.

“Karena orang sudah kenalnya daging kambing, makanya ngga diganti tulisannya. Sate domba kan kurang familiar namanya,” pungkasnya.

Wah, makan malam kali ini benar-benar puas dan nikmat! Lain kali kami pasti akan kembali lagi untuk menikmati sate, sop dan tongsengnya. Monggo, mampir!

Sate Brebes Pak Kursin
Jl. Pamulang Permai CX 1 No. 1
Telp: 085921517345
Buka: 17.00-22.00
Tutup: Senin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.