Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mengandung DHA bagi Anak

Kandungan DHA sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. DHA merupakan kepanjangan dari docosahexaenoicacid atau juga disebut sebagai asam lemak pada kelompok omega-3. Zat ini juga terkandung dalam multivitamin ibu hamil paling lengkap yang biasa dikonsumsi. Lantas apa sebenarnya manfaat DHA bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

  • Mencegah Bayi Lahir Prematur

Bagi ibu yang sedang hamil, DHA sangat penting bagi ibu dan janinnya. Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA tinggi berisiko melahirkan bayi prematur lebih kecil dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi DHA. DHA juga sangat penting bagi calon bayi itu sendiri, yakni dalam perkembangan otak dan mata bayi.

  • Menurunkan Risiko ADHD Pada anak

ADHD merupakan kepanjangan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau gangguan perilaku pada anak yang ditandai dengan gejala sulit konsentrasi dan perilakunya yang cenderung impulsif. Anak-anak yang menderita ADHD cenderung memiliki DHA rendah. Hal ini disebabkan karena DHA berperan penting meningkatkan aliran darah ke otak.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Makanan yang mengandung DHA tinggi juga baik untuk kesehatan jantung, DHA berperan menurunkan lemak trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Manfaat lain DHA adalah meningkatkan fungsi endotel, yakni fungsi yang memungkinkan pembuluh darah untuk melebar. Hal ini juga berkaitan dengan menurunkan risiko penyakit stroke.

  • Mencegah Kanker dan Penyakit Alzheimer

Tubuh kita sebenarnya mampu menghasilkan zat DHA Sendiri, namun dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu kita harus membantu pemenuhan kebutuhannya dengan asupan makanan atau konsumsi multivitamin dengan DHA tinggi. DHA juga diyakini mampu untuk mencegah peyakit radang dan Alzheimer, dikarenakan memiliki sifat anti-radang.

  • Membantu Melawan Peradangan

DHA mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat melawan peradangan di dalam tubuh. Seperti diketahui, peradangan kronis adalah faktor risiko terjadinya kanker. Jika DHA mampu meredakan peradangan, tentu itu juga berarti DHA mampu mencegah jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker pankreas dan kanker kolorektal.

Baca Juga  Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Indah Dengan Benar