Culinary

Menikmati Ragam Kuliner di Yogyakarta

Yogyakarta memang salah satu kota di Indonesia yang mempunyai keanekaragaman budaya, wisata dan juga kuliner. Oleh karena itu hampir semua orang pastinya ingin mengunjungi kota Yogyakarta untuk berwisata dan Menikmati Ragam Kuliner di Yogyakarta serta mempelajari sejarah dan budaya Yogyakarta.

Buat kalian yang ingin ke Yogyakarta juga tidak perlu bingung karena kota yogyakarta lengkap dengan sarana transportasinya baik transportasi darat maupun udara. Berbagai transportasi darat mulai dari travel, bus dan kereta api dari berbagai kota di pulau jawa bisa langsung menuju ke Yogyakarta. Kita yang berada di Luar Jawa ataupun Luar Negeri pun bisa mengunjungi Yogyakarta dengan menggunakan pesawat. Kalian tidak usah bingung buat nyari tiket pesawat, karena saat ini banyak sekali tiket pesawat murah dan tiket pesawat promo di saat weekend.

Yogyakarta menyajikan beragam kuliner yang sangat menggoda lidah kita dan jika kita mencobanya, maka kita akan dibawa ke sebuah dunia yang penuh rasa. Saya akan sedikit memberikan informasi mengenai kuliner Yogyakarta yang Khas dan sangat enak.

Berikut ini adalah Kuliner Khas Yogyakarta yang harus kalian coba :

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja merupakan salah satu makanan khas dari kota Yogyakarta. Rasanya yang pedas manis dengan khas rasa buah nangka sebagai bahan utama, gudeg menjadi salah satu yang paling identik di Yogyakarta. Salah satu tempat makan gudeg jogja yang paling terkenal adalah Gudeg Pawon dan Gudeg Yu Jum.

Untuk Gudeg Pawon berlokasi di Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164. Gudeg Pawon buka setiap malam mulai jam 10 malam hingga jam 12 malam.

Sementara Gudeg Yu Jum berlokasi di Jalan Wijilan No. 167, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131. Gudeg Yu Jum buka setiap jam 6 Pagi hingga jam 10 Malam.

Baca Juga : Skyscanner Indonesia Blog Competition 2017

Bakpia Pathok

Baca Juga  Enaknya Sate Kambing Dan Tongseng Serta Empal Gentong Di Warung Makan Baridin Tegal

Bakpia Pathok

Bakpia adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta dan biasanya sebagai oleh-oleh kalau kita habis berlibur atau mengunjungi kota Yogyakarta. Banyak sekali di Yogyakarta yang menjual Bakpia sebagai oleh-oleh. Saya akan bagikan beberapa pusat oleh-oleh yang menjual dan memproduksi bakpia pathok yang enak seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Pathok 145, Bakpia Pathok 28.

Bakpia Pathok 25 beralamat di Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132.

Bakpia Pathok 145 beralamat di Jl. Kusumanegara No.151, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Bakpia Pathok 28 beralamat di Jl. Timoho, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221.

Kopi Jos dan Angkringan

Kopi Joss

Kopi Joss adalah minuman favorite di Yogyakarta yang tentunya biasanya tersedia di angkringan di pinggir jalan. Bicara soal angkringan di yogyakarta, yang paling terkenal adalah angkringan Lik Man. Saya akan sedikit ceritakan sejarah angkringan di Yogyakarta. Awal mulanya angkringan di Yogyakarta yang pertama kali adalah angkringan Mbah Pairo, seorang pendatang dari Cawas, Klaten pada tahun 1950 an. Mbah Pairo datang ke Jogja untuk mengadu nasib. Usaha angkringan Mbah Pairo ini lalu diteruskan oleh Lik Man putranya di tahun 1969. Lambat laun usaha ini pun kian menjamur. Namun, tak berlebihan bila dikatakan angkringan yang paling terkenal di Jogja adalah angkringan Lik Man. Menu andalannya adalah nasi kucing, yaitu nasi putih polos yang diberi oseng tempe, oseng teri, atau sambel serta dibungkus dengan daun pisang. Tersedia juga berbagai macam sate seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam dan berbagai gorengan. Minumannya yang sangat terkenal adalah kopi joss, yaitu kopi panas yang dicelupkan arang panas yang masih membara.

Baca Juga  Rendang dan Nasi Goreng Terpilih Menjadi Makanan Paling Enak di Dunia

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Bakmi jawa adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan jawa yang dimasak di atas anglo dengan api arang. Dengan campuran ayam, kol, telur, tomat, dan kuahnya yang gurih, bakmi jawa terasa sangat nikmat. Adapun Bakmi Jawa yang sangat terkenal di Jogja adalah:

  • Bakmi Jawa Mbah Mo di Dusun Code Manding Bantul
  • Bakmi Jawa Kadin, di Jl. Bintaran Kulon No. 3 & 6 (sebelah wartel Kadin)
  • Bakmi Jawa Pak Pele, di sebelah selatan alun-alun utara, dekat dengan Pagar Keraton.

Oseng mercon Bu Narti

Oseng mercon Bu Narti

Mendengar namanya pun kita sudah dapat membayangkan pedasnya. Begitu pedasnya hingga terasa panas meledak di mulut. Oseng-oseng ini merupakan daging sapi, kikil, gajih, kulit, dan tulang muda yang dioseng-oseng dengan cabe rawit. Bagi para pencinta pedas, oseng mercon ini luar biasa enaknya saat disantap dengan nasi putih panas. Keringat bercucuran dan lidah terbakar tidak bakalan membuat kapok menyantap oseng mercon ini. Oseng mercon yang sangat terkenal di Jogja adalah Oseng Mercon Bu Narti di sebuah warung tenda di Jalan KH Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Baca Juga : Spot Selfie Terbaik di Obyek Wisata Terbaru Di Yogyakarta

Ayo buruan kita pergi ke Yogyakarta dan Menikmati Ragam Kuliner di Yogyakarta. Buat kalian yang berada di luar jawa dan ingin pergi ke Yogyakarta, saran saya carilah Tiket Pesawat dengan Harga Tiket yang murah.

Tonton Juga

Mungkin itulah yang bisa saya bagi kepada teman-teman tentang wisata kuliner dan cara Menikmati Ragam Kuliner di Yogyakarta.

 

3 thoughts on “Menikmati Ragam Kuliner di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.