Kesehatan

Sarapan Sehat Ternyata Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Sarapan Sehat Ternyata Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat – Ketika kita bangun di pagi hari, lalu melakukan sarapan pagi yang sehat, berarti kita telah siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Sebab, salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi untuk memulai hari baru dengan semangat serta badan yang kuat. Dengan sarapan sehat, berarti kita siap untuk meningkatkan konsentrasi otak dan kinerja sepanjang hari.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya, kita ‘berpuasa’ setiap hari? Tubuh kita berada dalam keadaan ‘puasa’ saat tidur malam, yaitu sekitar delapan hingga sepuluh jam lamanya. Artinya, selama kita tidur tubuh kita sama sekali tidak menerima asupan makanan dan minuman selama berjam-jam.

Namun demikian, meskipun kita sedang tidur dan ‘puasa’, organ-organ tubuh kita tetap bekerja menjalankan fungsi-fungsinya. Untuk menjalankan fungsi-fungsinya, organ tubuh menggunakan energi yang diperoleh dari glukosa dalam darah, glikogen liver, dan asam lemak bebas. Akibatnya, di pagi hari kadar gula dalam darah, glikogen, dan insulin berkurang drastis. Itulah sebabnya sering kali tubuh kita terasa lemas di pagi hari.

Energi yang kita butuhkan tentunya berasal dari makanan. Tidak adanya asupan makanan selama berjam-jam akan menguras energi tubuh kita karena digunakan organ yang harus tetap menjalankan fungsinya saat kita tidur dan ‘puasa’ di malam hari. Untuk mengganti kadar gula dalam darah, glikogen, dan insulin yang berkurang akibat ‘puasa’, sarapan pagi yang sehat dengan nutrisi seimbang adalah solusinya.

Oleh karena itu, alangkah bijaknya seorang ibu yang setiap hari menyiapkan dan membiasakan anak-anaknya untuk sarapan pagi yang sehat sedari kecil. Anak-anak membutuhkan sarapan tidak saja untuk tumbuh kembangnya. Setiap anak juga berhak memulai hari mereka dengan energi cukup sebagai modal untuk melakukan berbagai aktivitasnya sepanjang hari yang semuanya dimulai di pagi hari.

Baca Juga  Diet Tepat untuk Lawan Kanker

Syarat mengkonsumsi sarapan yang sehat tidak berarti harus makanan yang mahal atau berjumlah banyak. Menu sarapan sehat adalah yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.

Tahukah Anda bahwa sarapan pagi ternyata sangat berpengaruh terhadap kerja otak?

Sarapan pagi merupakan asupan makanan pertama yang kita masukkan ke dalam tubuh setelah puasa ketika tidur di malam hari. Saat sarapan, otak kembali mendapat asupan nutrisi. Ketika menerima asupan makanan dan nutrisi, otak mendapat sinyal bahwa tubuh sudah siap memulai aktivitas hari ini. Otak pun akan membangunkan sistem di tubuh dan memulai proses metabolismenya untuk menjalankan berbagai aktivitas seharian.

Melewatkan sarapan akan membuat otak tidak mengetahui bahwa tubuh kita sudah siap untuk memulai aktivitas. Akibatnya, badan cenderung jadi malas bergerak karena merasa lesu, kurang semangat, bahkan mudah sakit.

Di samping membantu menambah energi pada anak agar dapat selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan di sekolah, sarapan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak. Sehingga anak akan bisa lebih berprestasi karena mampu menyerap semua pelajaran di sekolah. Sarapan juga akan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Sarapan yang sehat harus memenuhi sekurangnya seperempat dari kebutuhan nutrisi harian. Jadi, setidaknya menu sarapan pagi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat, serta air yang cukup untuk membantu proses pencernaan, meningkatkan energi, juga konsentrasi dan daya ingat.

Riset yang telah dilakukan oleh Pergizi Pangan Indonesia menegaskan bahwa konsumsi sarapan sehat dengan gizi seimbang berperan besar bagi anak-anak sekolah. Selain sarapan sehat dapat memenuhi kebutuhan gizi harian sebanyak hingga 30 persen, sarapan juga dapat meningkatkan semangat, mencegah kelelahan, meningkatkan konsentrasi pada saat belajar hingga membantu meningkatkan prestasi akademis, menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, sekaligus mencegah anak dari konsumsi jajanan yang tidak sehat.

Baca Juga  Resiko Bersepeda Bagi Kesehatan Vagina Wanita

Sayangnya, di Indonesia sarapan masih menjadi satu permasalahan pada anak-anak di Indonesia. Setidaknya tujuh dari sepuluh anak di Indonesia tidak sarapan pagi sebelum beraktivitas. masih banyak keluarga yang kurang memperhatikan masalah kebutuhan gizi anak melalui sarapan sehat rutin setiap hari.

Alasannya beragam, seperti membangunkan anak lebih pagi, anaknya sulit diajak sarapan, tidak cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan di pagi hari, atau takut terlambat ke sekolah.

Untuk itu, Energen hadir untuk menjadi solusi sarapan yang praktis karena dapat disajikan dengan cepat dan rasanya enak. Dengan mengkonsumsi Energen, berarti memberi asupan gizi yang seimbang untuk membantu konsentrasi belajar, stamina, dan gizi bagi anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Energen merupakan produk sarapan sehat dan bernutrisi yang tepat untuk keluarga Indonesia. Selain penyajiannya yang praktis, Energen mengandung susu, sereal, telur, sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, dan kalsium), serta mineral. Kandungan gizi yang terdapat pada produk Energen lebih dari susu, lebih padat karena juga mengandung sereal, serta lebih bernutrisi dari telur dan multivitamin.

Selain itu, Energen hadir dengan varian rasa yang enak dan disukai banyak orang, termasuk anak-anak. Kandungan nutrisi pada Energen telah memenuhi syarat komposisi untuk sarapan sehat yang diperlukan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Mengingat pentingnya arti sarapan sehat bagi kemajuan prestasi anak-anak di Indonesia, Mayora Nutrition melalui Energen berkomitmen melakukan edukasi tentang sarapan sehat bagi seluruh masyarakat di Indonesia, terutama anak-anak usia sekolah dasar.

Program edukasi tentang sarapan sehat ini dilakukan melalui berbagai rangkaian kegiatan, termasuk berbagi sarapan sehat untuk 2,2 juta anak sekolah di Indonesia. Lebih dari 3.000 sekolah dasar akan dilibatkan dalam program edukasi yang pelaksanaannya dilakukan bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sepanjang tahun 2018.

Baca Juga  5 Cara Terbaik Menjaga Kecantikan Secara Alami

Energen juga bekerja sama dengan Pergizi Pangan melakukan cek gizi pada anak-anak di sekolah. Hal ini dilakukan agar anak mengetahui langsung mengenai kondisi gizi tubuhnya dan menjadi sadar untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi setiap hari, terutama saat sarapan.

Semoga berbagai kegiatan edukasi sarapan sehat yang dicanangkan Energen dapat membawa perubahan positif untuk keluarga Indonesia. Sebab, dengan membiasakan mengkonsumsi sarapan yang sehat akan mendukung terciptanya generasi berprestasi bagi negara ini.

Jika ingin anak memiliki konsentrasi tinggi dan daya ingat yang tajam serta berenergi sepanjang hari, maka jangan lagi melewatkan sarapan sehat mereka setiap pagi ya!

Dengan sarapan sehat, badan siap, otak siap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *