Lifestyle

Tips Jitu Membeli Motor bekas di Bekasi Ala Polisi

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati di Indonesia. Selain karena mudah dikendarai, bisa menempuh perjalanan dengan cepat, harga sepeda motor juga cukup terjangkau. Apalagi harga motor bekas di Bekasi. Kondisi motor yang masih bagus dengan penawaran harga yang jauh lebih murah daripada membeli motor baru membuat pasar motor bekas pun laris dibanjiri pembeli.

Namun sayangnya, untuk membeli sepeda motor bekas Anda tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nantinya Anda tidak kecewa dan merasa dirugikan. Tempat/cara beli motor bekas ala Polisi menjadi tips jitu menemukan motor bekas impian Anda. Penasaran apa saja tips jitu membeli motor bekas di Bekasi ala Polisi? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Cek Harga Pasaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli motor bekas adalah melakukan cek harga motor yang Anda inginkan di pasaran. Anda bisa mendapatkan info dari koran, penjual motor atau media sosial. Dengan mengetahui harga pasaran, Anda tidak akan kemahalan.

  1. Cek Nomor Rangka dan Mesin

Yang kedua, coba periksalah nomor rangka motor dan mesin motor, apakah sesuai yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan atau tidak? Hal ini untuk membuktikan apakah motor tersebut asli atau tidak. Pastikan juga kelengkapan surat-suratnya.

Dokumen surat-surat motor tersebut nantinya akan Anda gunakan untuk mengurus

perpajakan. Untuk lebih mudahnya Anda bisa lakukan ​balik nama motor​. Anda hanya cukup melengkapi ​syarat balik nama motor kemudian mendaftarkannya ke SAMSAT, maka semuanya akan lebih mudah.

Motor bekas yang Anda beli nantinya akan menjadi milik Anda seutuhnya, nama yang tertulis akan menjadi nama Anda bukan pemilik sebelumnya.

  1. Cek Kondisi Fisik
Baca Juga  Gaya Rambut Pria yang Eksis Sepanjang Masa

Selanjutnya adalah cek kondisi fisik dari motor bekas di Bekasi yang Anda inginkan. Periksa bodi, baut, spion, dan komponen lainnya. Apakah masih dalam kondisi yang mulus ataukah sudah penuh dengan goresan atau pecah? Sebaiknya pilihlah motor bekas yang semua partnya merupakan komponen yang orisinil.

  1. Cek Kondisi Oli Motor

Selain cek kondisi fisik, pastikan juga kondisi oli motor masih bagus. Sebaiknya dibuka kemudian dilihat ukuran oli yang ada di dalam mesin. Ukuran oli yang berlebih akan menyembunyikan suara motor yang berisik.

  1. Cek Speedometer

Lihatlah sudah berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh oleh motor tersebut. Sebaiknya tidak memilih sepeda motor bekas yang sudah digunakan hingga lebih dari 20.000 kilometer. Pasalnya, hal ini cukup merugikan Anda, karena akan banyak komponen yang sebentar lagi perlu untuk diganti.

  1. Hidupkan Mesin Motor

Cara ini menjadi cara paling mudah untuk dilakukan. Cukup masukkan kunci sepeda motor kemudian nyalakan. Lihat apakah motor bisa langsung stationer atau tidak. Dengarkan suara mesin baik-baik apakah terdapat suara sesuatu atau tidak yang menunjukkan ketidakwajaran.

  1. Cek Sasis Motor

Ini untuk mengetahui apakah antara roda motor belakang dan roda depan masih lurus atau tidak? Pastikan bahwa sasis motor tersebut tidak ada yang dibengkokkan. Cara mengeceknya cukup mudah, coba jalankan motor sebentar kemudian cobalah untuk rem mendadak. Jika motor terasa tidak seimbang dan sulit dikendalikan sebaiknya urungkan saja.

  1. Cek Kebocoran dan Kelistrikan

Cek apakah ada oli yang bocor atau tidak di sela-sela mesin. Selanjutnya cek bagian kelistrikan, lampu depan motor, lampu sein dan lampu belakang apakah menyala atau tidak.

Nah itulah jurus jitu membeli sepeda motor bekas di Bekasi ala Polisi. Beberapa hal diatas wajib dilakukan agar Anda bisa mendapatkan kendaraan terbaik dengan harga terjangkau. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah tanpa mengecek kondisinya terlebih dahulu. Dikhawatirkan nantinya akan mengecewakan.

Baca Juga  Tampil Cantik dan Seksi Menggunakan Produk Kecantikan Dari Elaxa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.