Culinary

Wisata Kuliner Lezat di Purwokerto

Wisata Kuliner Lezat di Purwokerto – Purwokerto punya aneka makanan khas yang siap menggoyang lidah. Seharian di Purwokerto, ada banyak makanan yang bisa dicicipi.

Tentu bagi kamu pecinta alam tidak akan pernah meragukan keindahan alam di sekitar Purwokerto, sebut saja Gunung slamet, Wana Wisata Baturaden, Pancuran Telu, Pancuran Pitu dan masih banyak lainnya.

Namun tak hanya itu yang menjadi pemikat wisata di sana. Berkunjung ke Purwokerto juga berarti kesempatan mencicipi berbagai macam kuliner daerah di sana yang nikmat.

Ada banyak tempat wisata kuliner yang bisa anda jadikan tempat singgah untuk memanjakan perut setelah lelah menikmati alam di Purwokerto. Di mulai dengan sarapan dengan pecel bunga kecombrang yang merupakan salah satu kuliner unik di sana.

Komposisinya terdiri dari kangkung, daun papaya, kol, mentimun dan tidak lupa bunga kecombrang yang beraroma khas. Pecel ini biasa dimakan dengan lauk pendamping khas Purwokerto juga yakni Tempe mendoan. Pas dinikmati pagi hari dengan segelas teh manis hangat. Jika anda berminat bisa mengunjungi salah satu penjualnya di depan GOR satria, Purwokerto.

Untuk menu makan siang ada Soto Ayam H Loso atau lebih dikenal dengan Soto Jalan Bank. Depot soto ini terletak di Jalan bank, tidak jauh dari Museum Bank BRI. Soto ayam ini menjadi destinasi kuliner wajib di Purwokerto.

Sajiannya terdiri dari irisan ayam Kampung, tauge, kerupuk soto, kerupuk mie, irisan daun bawang dan yang unik adalah adanya bumbu kacang yang dicampur di dalamnya. Porsinya cukup banyak dengan harga yang terjangkau dan soto jalan bank ini tidak membuka cabang lainnya selain di sini.

Depot soto ini juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Purwokerto dan sekitarnya. Jika berkunjung ke sini pada saat makan siang agar sabar menanti karena pasti sangat ramai pengunjung.

Baca Juga  Sate Kambing Muda Mas Wawan Brebes

Beranjak ke sore hari, saatnya mencoba Soto Kecik yang hangat dan segar. Soto Kecik menyediakan soto khas Sokaraja, dengan kuah Bening dan berisi taoge, daun bawang, potongan daging, taburan kerupuk warna-warni, dan taburan bawang goreng.

Baca Juga : Tempat wisata di Brebes yang harus kamu kunjungi

Dagingnya empuk dan kuahnya sedap gurih. Sambal kacangnya yang pedas dan menggugah selera makin menambah nikmat santap sore hari. Menjelang malam di Purwokerto biasanya udara akan menjadi cenderung dingin dan sejuk, cocok untuk menikmati sepiring mendoan khas Purwokerto dan ditemani teh hangat.

Untuk oleh-oleh, kamu bisa membawa pulang getuk goreng. Getuk goreng ini mempunyai citarasa yang manis, legit berpadu dengan rasa gurih. Dari segi pengemasannya, getuk goreng ini biasa dikemas dengan besek atau anyaman bambu. Harganya tidak perlu merogoh kocek dalam hanya dengan Rp 10.000 sampai dengan Rp 25.000 saja bisa membawa pulang penganan khas Purwokerto ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.