Teknik Pernapasan Untuk Mengurangi Stress

Teknik Pernapasan Untuk Mengurangi Stress – Stres memiliki banyak dampak negatif. Selain bikin kita uring-uringan dan sulit tidur, stres juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

Dr Michael Mosley dari National Health Services, Inggris, mengatakan cara sebagian besar orang untuk mengatasi stres tidak tepat. Makan comfort food seperti cokelat atau es krim misalnya, akan membuat tubuh cepat gemuk karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Baca juga: Tips Mengobati Penyakit Kolesterol Secara Alami

Menurutnya, stres bisa dibuang dengan melakukan teknik pernapasan yang tepat. Dengan melakukan teknik pernapasan ini, tubuh akan lebih rileks dan membuat pikiran tenang.

“Yang terbaik, Anda bisa melakukannya sambil berdiri, tidur, ataupun berbaring. Apapun posisi yang membuat Anda lebih rileks,” ujar Mosley, dikutip dari BBC.

Mosley mengatakan ada 4 langkah yang harus diperhatikan untuk melakukan teknik pernapasan bebas stres:

1. Mulai dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung tanpa paksaan dalam lima hitungan.

2. Setelah itu, keluarkan napas secara perlahan lewat mulut, juga dalam lima hitungan.

3. Jangan terburu-buru dan dipaksakan, tubuh perlahan-lahan akan merasa rileks.

4. Lakukan teknik pernapasan ini selama tiga sampai lima menit, setelah itu perasaan Anda akan lebih baik dan pikiran lebih tenang.

Di sisi lain, Mosley mengatakan cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan tidur. Nah, teknik pernapasan ini pun bisa dilakukan sebelum tidur bagi Anda yang sedang insomnia.

“Anda juga bisa melakukan kegiatan berkebun, yoga atau olahraga, yang manfaatnya untuk mengusir stres sudah dibuktikan secara ilmiah. Namun teknik pernapasan seperti ini mudah dilakukan dan tak butuh waktu banyak,” tutupnya.

Baca Juga  Tips Menangani Sinusitis Sendiri di Rumah

One thought on “Teknik Pernapasan Untuk Mengurangi Stress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.